Kamis, 23 Juni 2011

Samarkand

pada tahun 1206 seorang pemimpin mongol telah mempersatukan berbagai suku mongol dibawah kekuasaannya, dia adalah Genghis Khan nama aslinya adalah Temujin, dia dan pasukannya yang bengis telah mengubah tujuannya ke Asia Barat.
Samarkand adalah sebuah nama kota kuno yg menjadi ibukota Persia dan Arab. pada tahun1220, Kota ini menjadi pusat kekaisaraan kwaewzmian, yang menduduki wilayah antara Timur Tengah dan wilayah mongolia.
pada bulan juni 1220 pasukan mongolengepung kota itu, Samarkand dipertahankan dengan garnisun berjumlah 110.000 dibawah pimpinan Alub Khan, yg saat itu menjadi gubernur kota itu.
Genghis Khan membawa prajurit berjumlah 120.000. penduduk kota Samarkand ketakutan lalu mereka berfikir lebih baik bekerja sama dengan pasukan penyerbu dari pada melawanya dan mereka mebuka gerbang kota dengan harapan mendapatkan belas kasihan, ternyata harapan mereka sia-sia, pasukan mongol begitu kejam. Alub Khan bersama 1000 prajurit berkuda berhasil lolos, tetapi Samarkand telah dikuasai Mongol. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar