Daily Calendar

Selasa, 24 Mei 2011

Perang Salib 2

Setelah merebut Yerusalem orang-orang kristen atau yang disebut Crusader mendirikan kerajaan Latin.Pada bulan November 1177 Seorang Sultan yang bernama Shalahudin AL-Ayyubi (Saladin) penguasa Mesir,Yaman,Suriah dan Irak membawa 26.000 prajurit berbaris melintasi perbatsan mesir menuju Yerusalaem, tujuannya adalah membebaskan Yerusalem agar umat muslim yang ingin Haji selamat. Saladin bersama adik yang menjadi jendralnya yaitu Al-Adil berhasil merebut kota Ramla,Arsuf dan Lydda tetapi semua itu membuat Saladin lengah, pada tanggal 25 November 1177 para Crusader yang dipimpin oleh raja kerajaan Latin yaitu Baldwin IV sampai di Montgisrad yang tidak jauh dari Ramla, serangan Baldwin IV membuat pasukan saladin yang tidak siap menghadapi perang terbuka itu harus mundur hingga ke Sinai.

Setelah pertempuran Montgisrad para peziarah dan Kafilah Arab diperlakukan dengan baik.
Tetapi karena wilayah kekuasaan kerajaan Latin berada diantara wilayah kesultanan Ayyubi wajar jika Baldwin IV merasa terancam, sehingga Baldwin membuat benteng di Jacob's Ford dari sana Baldwin dapat mencapai Ibu kota Saladin di Damaskus dalam sehari. Tentu saja Saladin tidak tinggal diam, Saladin mengerahkan pasukannya untuk menghancurkan benteng di Jacob's Ford.
Baldwin IV berusaha menahan serangan dari luar benteng, tetapi Baldwin IV harus mundur untuk mengambil pasukan dari Yerusalem, Saladin memanfaatkannya untuk menghancurkan benteng Baldwin IV, dengan sisa pasukan di dalam benteng para crusader berusaha menghadang tetpi mereka kalah dan saat BaldwinIV datang sumber airnya sudah dicemari agar tidak ada yang menempatinya lagi.

Akhirnya Baldwin sadar cara satu-satunya menyelamatkan kerajaan Latin adalah perjanjian damai. tetapi seorang ksatria yang menguasai kastil kerak yaitu reginald of chatilon menyerang armada ayyubi di laut merah lalu Saladin mengirim pasukan untuk mengatasinya tetapi reginald berhasil lolos.
lalu Saladin mengepung kastil kerak tetapi Baldwin berjanji akan mengatasi reginald.
Saladin melihat keadaan Baldwin yang sedang sakit akhirnya memilih untuk mundur bahkan mengirim tabib pribadi untuk mengobatinya.
tak lama setelah itu BaldwinIV wafat dan digantikan oleh Guy of lusignant tetapi guy malah membebaskan Reginald dan menyatakan perang kepada Saladin. tetapi dia melakukan kesalahan dia berhasil dipancing ke tanduk Hattin yang kering tanpa membawa perbekalan air yang cukup pada saat pasukan Guy berkemah Saladin membakar semak-semak yang ada di sekitar perkemahan dan asapnya membuat psukan Guy makin kehausan. saat sampai di tanduk Hattin pasukan Guy langsung dibantai, Reginald of chatilon dibunuh dan Guy of Lusignant disandra. setelah pertempuran Hattin tahun1187 Saladin langsung mengepung kota yerusalem yang dipertahankan oleh Belien of Ibelin setelah pertempuran yang panjang, Saladin mengadakan negoisasi kepada Belien untuk mengurangi pertumpahan darah Saladin berjanji akan membiarkan rakyat yerusalem selamat tetapi yerusalem ditangan Saladin Belien pun setuju, berbeda dengan para crusader Saladin tidak membantai rakyat biasa, maka selesailah perang Salib2

1 komentar: